19 May 2011

Peran UG dalam membangun masyarakat informasi di Indonesia

"30 Tahun Universitas Gunadarma Mengabdi"

Wartawarga merupakan sarana yang menampung segala informasi-informasi yang di upload oleh mahasiswa - mahasiswa Universitas Gunadarma. Informasi yang disampaikan berupa website, yang di dalam website tersebut mencakup tentang segala macam informasi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat khususnya mahasiswa Gunadarma.
Layanan ini disebut sebagai UG Student Journalism”.

Beberapa persyaratan menganai materi tulisannya adalah sebagai berikut:
  1. Materi tulisan bersifat bebas dengan bahasa popular, namun tetap relevan dengan kategori tulisan yang telah ditetapkan. Tulisan sebaiknya mengenai pengembangan softskill atau memberikan inspirasi kepada pembaca tentang kehidupan di luar kampus. Beberapa topic tulisan yang bisa diangkat diantaranya adalah sketsa kehidupan sosial kemasyarakatan; peran dan kontribusi mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat; hasil pengamatan kehidupan usaha atau sekelompok masyarakat; penerapan atau pemanfaatan teori atau teknologi dalam pemberdayaan atau masalah di masyarakat; etika dan pergaulan dalam kehidupan kampus dan kehidupan masyarakat; pendapat atau opini terhadap kebijakan, peraturan dan perundangan yang berdampak pada kehidupan masyarakat; atau kajian terhadap perkembangan IPTEKS. 
  2. Bahasa yang digunakan dalam tulisannya bersifat populer namun tetap mengindahkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Tulisan tersebut harus merupakan karya orisinal dari mahasiswa. Jika ada kutipan atau rujukan dalam tulisan tersebut, harus disebutkan sumbernya. Intinya tulisan tersebut harus mengindahkan etika ilmiah, menghormati Hak atas Kekayaan Ilmiah (HaKI) dari orang lain atau bukan merupakan “Plagiarisme”.
  4. Isi tulisan tidak bersifat SARA, mengandung pornografi, atau mengundang fitnah atau permusuhan. Web Admin berhak mengedit atau menghapus tulisan yang tidak sesuai dengan hal-hal tersebut di atas.
  5. Pengelola UG Student Journalism tidak bertanggung jawab terhadap isi tulisan. Pengelola UG Student Journalism berhak memberikan sangsi kepada penulis yang melanggar peraturan kehidupan kampus sesuai dengan peraturan yang berlaku di Universitas Gunadarma. 
Tulisan yang ada di UG Student Journalism tersebut akan terkirim secara otomatis ke UG Student Portfolio yang dapat dilihat di http://npm.student.gunadarma.ac.id 
(npm diganti dengan nomor NPM masing-masing mahasiswa), sebagai contoh studentsite saya sendiri : http://10108398.student.gunadarma.ac.id

 Tampilan Depan Halaman Situs Wartawarga



Situs wartawarga Gunadarma adalah salah satu dari menu layanan online dari Universitas Gunadarma.
Situs ini berbentuk sebuah blog dengan menggunakan engine CMS yang sama dengan sebuah penyedia blog yaitu: wordpress. Menurut pendirinya, engine CMS wordpress sangat ringan dan mudah untuk blogger pemula.

Untuk bisa melihat menu layanan online yang termasuk situs internal Gunadarma, dapat diakses ke website inti Universitas Gunadarma. Yaitu: http://www.gunadarma.ac.id

Pada tanggal 18 Februari 2010,
BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Universitas Gunadarma meluncurkan situs UG Student Jurnalism- yang lebih dikenal dengan Wartawarga dengan disain atau wajah baru. Fitur pada “new wartawarga” relatif lebih sederhana namun diharapkan wajah dan tata letaknya lebih menarik serta ragam informasi dan tulisan yang lebih bermanfaat.
Beberapa perubahan pada disain baru tersebut di antaranya adalah 5 berita atau informasi “headline” yang lebih mencolok, “Media Ad”, informasi dari studentsite, tulisan dari UG Blog Community, tulisan dari blog dosen, tulisan terbaru dari beberapa kategori.

Isi dari situs wartawarga adalah artikel-artikel yang ditulis oleh mahasiswa dan dosen Universitas Gunadarma. Pengguna anonim hanya bisa membaca artikel di situs wartawarga sama seperti blogger anonim yang mengunjungi suatu blog biasa, khususnya wordpress.

Di halaman ini, pengunjung bisa melihat, membaca dan berkomentar mengenai artikel di dalamnya. Sama persis seperti mengunjungi sebuah blog khususnya wordpress.
Artikel yang ada di dalam situs ini sudah berjumlah ribuan dengan berbagai kategori, mulai dari komputer, budaya, musik, cerpen, puisi, fashion, karya ilmiah, hukum perundangan, sampai wisata. Dan masih banyak lagi.
Situs ini bersifat bebas alias open public, jadi bisa diakses oleh siapa saja yang terhubung ke situs ini. Etika dalam penulisan di situs ini juga diberlakukan, seperti masalah penghindaran plagiarisme.
Artikel tulisan di dalam wartawarga diutamakan adalah hasil tulisan kreasi penulisnya sendiri. Tapi bila di dalam artikel wartawarga ini HARUS ada yang mengambil dari situs lain, maka penulisnya DIWAJIBKAN untuk mencantumkan sumbernya beserta tanggal dan jam berapa artikel itu di-copy. Karena bila ketahuan melakukan tindak plagiarisme, sanksi yang dijatuhkan kepada tertuduh sangat berat. Mulai dari skorsing sampai di drop-out dari Universitas, karena nama Universitas Gunadarma lah yang akan tersorot, bukan mahasiswanya.

Meskipun harus diakui bahwa situs berbentuk blog ini menggunakan server internal Universitas Gunadarma, terkadang bila sedang update maka isi dari artikel di dalam situs ini termasuk situs layanan online internal Gunadarma untuk sementara tidak bisa diakses. Namun ke depannya, Universitas Gunadarma terus melakukan terobosan untuk menghindari masalah ini sedikit-demi sedikit sehingga pelayanan online Universitas Gunadarma tidak terlalu lama bila sedang maintenance.
Salah satu kurikulum di Universitas Gunadarma juga mengharuskan mahasiswanya untuk menulis suatu artikel di blog pribadinya. Sesuai dengan tema yang diberikan oleh dosen pembimbingnya tiap minggu atau tiap bulannya. Setiap tulisan yang link-nya ditautkan ke studentsite masing-masing akan tercatat di dalam portofolio mahasiswa itu sendiri yang akan menjadi penilaian akhir untuk mata kuliah tersebut (MK Softskill).

Kekuarangan dari Wartawarga sendiri adalah : 
 
  • Situs ini kurang memuaskan untuk dilihat, karena kalau mahasiswa baru ingin melihat situs ini  pertama-tama  pasti akan bingung akan bagaimana cara mempergunakannya
Kelebihannya dari Wartawarga adalah :
  • Membuat mahasiswa tidak ketinggalan berbagai informasi.
  • Sangat menarik, dan membuat mahasiswa tertarik untuk membacanya.
Info Lengkap Kunjungi :
 
SELAMAT ULANG TAHUN UNIV.GUNADARMA 
YANG KE-30.

No comments: