07 April 2010

BEBERAPA ALASAN KAMU STOP BEGADANG

1. Daya tahan tubuh melemah
Begadang ternyata menyebabkan otak seseorang tak lagi memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki sel – sel yang rusak. Ini berarti mengganggu keseimbangan regenerasi sel – sel tubuhmu, termasuk fungsi metabolisme dalam tubuh. Para peneliti juga menyimpulkan, begadang menyebabkan kerentanan fungsi imun alias menurunkan daya tahan tubuh seseorang sehingga mudah terserang penyakit.

2. Mempengaruhi kestabilan emosi
Secar medis, ketenangan atau kondisi rileks ditandai dengan pelepasan endorphin dari dalam tubuh. Begadang dapat menyebabkna pelepasan hormon tersebut tidak sempurna. Susunan saraf pusat yang mengatur emosi seseorang pun terganggu. Ia menjadi (super) sensitif dan hidupnya terasa kacau saja bawaannya.

3. Memicu resiko diabetes dan darah tinggi
Dalam tubuh seseorang ada yang diebut dengan sekresi alias pengeluaran hormon insulin yang berfungsi untuk memecah gula. Begadang bisa menyebabkan hormon ini melemah dan bekerja secara tak sempurna—berkurang 25%. Menurut riset University of Chicago, Amerika Serikat, keseimbangan metabolisme terganggu bila kamu begadang minimal 3 hari. Gula yang mestinya diubah menjadi energi menumpuk dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah itulah yang disebut diabetes mellitus. Tak hanya resiko diabetes meningkat, tekanan darah tinggi juga jadi resikonya.

4. Memicu penuaan dini/ keriput di kulit
Bukan rahasia lagi kalo peremajaan kulit sesorang berlangsung saat tidur. Bayangkan jika kamu begadang, proses ini pastinya akan terganggu. Boro – boro peremajaan kulit, penuaan dini / keriput di kulitlah yang bakal kamu dapatkan. Bah, rugi besar kan?

5. Rentan stroke dan penyakit jantung
Kazuo Eguchi dari Universitas Medis Jichi—sperti dilansir dalam jurnal Asosiasi Medis Amerika menyimpulkan, begadang dapat memicu serangan jantung dan stroke. Dalam penelitian itu ditemukan catatan 99 insiden penyakit kardiovaskuler pada orang yang kurang tidur dalam 7,5 jam. Tidak hanya itu, tekanan darah mereka juga naik pada malam hari dan merasa sakit pada jantung. Hasil penelitian lain, dari American Academy of Sleep Medicine (AASM) lewat juru bicaranya Sanjeev Kothare, MD, menyampaikan bahwa begadang dapat menyebabkan seseorang jadi suka ngemil. Tentu saja ngemil makanan instan itu nggak sehat, beresiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah yang juga mengakibatkan kolesterol. Jika kolesterolmu tinggi, bisa berdampak stroke lho, berapapun usiamu!

6. Hati – hati kegemukan
Hasil penelitian di University of Otago, Selandia Baru, menyebutkan, begadang juga dapat menyebabkan obesitas alias kegemukan. Awalnya, tubuh yang tak bugar membuat seseorang enggan melakukan aktivitas fisik. Kalori dalam tubuh pun tertimbun menjadi lemak. Selain itu, kurang tidur memicu tingginya hormon yang meningkatkan keinginan makan dan menekan produksi hormon yang membatasi keinginan makan.

7. Kemampuan motorik tidak optimal
Last but not least, begadang mengakibatkan terganggunya kemampuan motorik karena seseorang dalam keadaan lelah. Motorik kasarnya menjadi lamban atau justru berlebihan, sedangkan gerak halusnya kurang cermat. Alhasil, ia pun mejadi seseorang yang ceroboh, kurang energik alias tidak bersemangat. Terang saja, kurang tidur menyebabakan otakmu tidak memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan tenaga.

Mau begadang trus dibalas dengan tidur seharian (siang – sore) juga dampaknya GAK BAIK untuk kesehatan. Karna tidur terlampau lama juga dapat mengganggu metabolisme tubuh...
So...Begadang??? mikir 2X deh!!! Apalagi untuk hal – hal yang gak penting seperti nge-game, internetan / online, dll... (^_-)d

Untuk lebih jelas, mari kita liat schedule kerjanya...!!!

21.00-22.00
Pastikan proses pembuangan zat – zat beracun di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening) berlangsung lancar. Kalau kamu nggak tidur, minimal dalam durasi ini, kamu sudah dalam kondisi tenang dan rileks. Coba baca bacaan ringan. Pokoknya kegiatan yang tidak menguras tenaga dan pikiran.
(JADWAL TIDUR YANG SEMESTINYA!!!)

23.00-01.00
Proses detoksifikasi (baca : penghancuran sel – sel racun) hati tengah terjadi (liver kita lagi recovery).

01.00-03.00
Saatnya proses detox di bagian empedu.

03.00-05.00
Proses detox pada paru – paru dan saluran pernafasan. Bayangkan kalau seminggu penuh kamu begadang, bisa GAWAT! Kamu sebaiknya sudah tertidur pulas saat jam – jam tersebut agar proses detoksifikasi itu bisa berjalan lancar.

05.00-07.00
Saatnya bagian usus besar bereaksi.

07.00-09.00
Saatnya usus menyerap gizi dari makanan. Itulah sebabnya mengapa sarapan itu PENTING!

Sumber : Aplaus The Lifestyle (single fighter edition)

No comments: